PERAN E-LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA KULIAH WAWASAN PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Mutik Nur Fadhilah IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i1.55

Keywords:

E-learning, Pembelajaran Jarak Jauh, Wawasan Pendidikan Karakter

Abstract

Perubahan pola proses pembelajaran yang kita alami saat ini merupakan efek samping dari adanya pandemi. Pandemi inilah yang merubah proses pembelajaran menjadi daring. Proses pembelajaran pada perguruan tinggi pun dilakukan melalui e-learning untuk mempermudahkan proses pembelajaran jarak jauh pada mata kuliah wawasan pendidikan karakter. Tujuannya adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan peran e-learning terhadap pembelajaran jarak jauh mata kuliah wawasan pendidikan karakter. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya menggunakan deksriptif untuk mendeksripsikan kejadian yang terjadi secara nyata di lapangan. Sumber penelitian ini adalah mahasiswa PGMI semester V di Staipana Bangil khususnya dalam mata kuliah wawasan pendidikan karakter. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran dokumen. Analisis data didapat dari semua data yang ada di lapangan, menyajikan data dan melakukan reduksi data, membuat verifikasi data, dan terakhir menarik kesimpulan. Sehingga hasil penelitiannya terdiri atas: 1) perencanaan dapat dilihat dari RPS dan RPKM serta aplikasi e-learning yang digunakan dalam proses pembelajaran; 2) pelaksanaannya melalui e-learning secara interaktif, mandiri, aksebilitas dan pengayaan dalam meningkatkan nilai karakter; 3) perannya adalah sebagai bahan ajar berbasis internet, media pembelajaran penanaman nilai karakter, pengubah paradigma dalam proses pembelajaran yang lebih kekinian dan fleksibel, meningkatkan kemampuan penggunaan tekhnologi digital bagi dosen dan mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

ahmadi, rulam. “METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF.” Jakarta: ar-ruzzmedia, 2016.

Alimuddin, Alimuddin, dan Muhammad Nadjib. “INTENSITAS PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM SARJANA (S1) DI UNIVERISTAS HASANUDDIN.” KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi, 2015, 387–98. https://doi.org/10.31947/kjik.v4i4.635.

Arief, Ardian, dan Pramudya Cahya. “E-learning sebagai Media Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik.” Taman Cendekia 2, no. 1 (2018): 163–68. https://doi.org/10.30738/tc.v2i1.2776.

Arya, Gede Satya Narendra. “PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING BERBASIS SELF REGULATED LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP LABORATORIUM UNDIKSHA.” Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 9, no. 1 (2019). https://doi.org/10.23887/jtpi.v9i1.2888.

Darmayanti, Tri, Made Yudhi Setiani, dan Boedhi Oetojo. “E-LEARNING PADA PENDIDIKAN JARAK JAUH: KONSEP YANG MENGUBAH METODE PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA.” Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh 8, no. 2 (8 September 2007): 99–113.

Herayanti, Lovy, Habibi Habibi, dan M. Fuaddunazmi. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Matakuliah Fisika Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 36, no. 2 (30 Juni 2017): 210–19. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077.

Kinanti, MD, dan MAS Subagio. “Pengembangan lkpd bahasa inggris berbantu aplikasi quizizz kelas iv sekolah dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2020. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35318/31404.

Mashuri, DK. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah …, 2020. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876.

MU’IN, FATCHUL. “Pendidikan karakter: konstruksiteoretik & praktik.” Ar- Ruzz Media, 2011.

Mukti, Fajar Dwi. “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) di Kelas V MI Wahid Hasyim.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 7, no. 2 (2019): 299. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6351.

Mustofa, Mokhamad Iklil, Muhammad Chodzirin, Lina Sayekti, dan Roman Fauzan. “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi.” Walisongo Journal of Information Technology 1, no. 2 (20 Desember 2019): 151–60. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.

Putriana, Eflin Puput. “Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Android dengan Model Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IVA SD Negeri Wonosari 03.” Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Android Dengan Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas Iva Sd Negeri Wonosari 03, 2019.

Ramdani, A, AW Jufri, dan ... “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik.” … : Jurnal Hasil Penelitian …, 2020. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2924.

Sanaky, Hujair AH. “Media Pembellajaran Interaktif-Inovatif.” Kaukaba Dipantara, 2013.

Wiyani, Novan Ardy. “Konsep, Praktik dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD.” Ar- Ruzz Media, 2013.

Wulandari, D, M Syafi’i, dan ... “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Media Penilaian Berbasis Online Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Google Form pada Materi Matriks.” Prosiding …, 2020. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/478.

Downloads

Published

2021-06-29 — Updated on 2021-06-29

How to Cite

Fadhilah, M. N. . (2021). PERAN E-LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA KULIAH WAWASAN PENDIDIKAN KARAKTER . Waniambey: Journal of Islamic Education, 2(1), 40-50. https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i1.55